Skip to main content

Fungsi COUNTIF pada Excel 2007

COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah cell dalam suatu range berdasarkan kriteria tertentu. Bentuk umum countif yaitu:

= COUNTIF (range,criteria)

Range yaitu satu atau lebih cell yang nantinya dihitung. Jika terdapat cell yang kosong  maka akan diabaikan.
Criteria yaitu kriteria berbentuk angka, ekspresi, cell atau kriteria lainnya sebagai syarat range itu dihitung. Misalnya ">200000", "5", "Baju", atau C3.

Contoh Penggunaan COUNTIF



Ketikkan rumus berikut pada cell C9

=COUNTIF(C3:C8;">80")

Tekan enter maka hasilnya adalah 2, karena stok yang lebih dari 80 hanya Shamphoo Clear dan Shampoo Zink.

Beberapa kriteria yang lainnya yang sering dipakai dalam countif

Rumus Hasil Deskrips
=COUNTIF(B3:B8;"Rinso")  1 Menghitung jumlah cell isinya Rinso
=COUNTIF(B3:B8;B5)  1 Menghitung jumlah cell isinya sama  dengan cell B5 (Sosis)
=COUNTIF(B3:B8;B5) +COUNTIF(B3:B8;B3) 2 Menghitung jumlah cell isinya sama dengan cell B5 dan isinya sama dengan "B3"
=COUNTIF(C3:C8;">50") 4 Menghitung jumlah cell nilainya lebih besar dari 50
=COUNTIF(C3:C8;"<>"&C6) 5 Menghitung jumlah cell isinya tidak sama dengan cell C6 (123)
=COUNTIF(B3:B8;"*ABC") 2 Menghitung jumlah cell berisi text yang diakhiri dengan ABC
=COUNTIF(B3:B8; "Shampo?????") 1 Menghitung jumlah cell berisi text yang diawali dengan Shampo diikuti 5 karakter dibelakangnya
=COUNTIF(B3:B8;"") 0 Menghitung jumlah cell yang datanya kosong
=COUNTIF(B3:B8;"*") 6 Menghitung cell yang berisi text

Comments

  1. pakai aja countifs beres kan!

    ReplyDelete
  2. terima kasih infonya
    penjelasan countif excel nya menarik
    bisa langsung dipraktekkan

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan kirimkan komentar atau merequest tutorial...

Popular posts from this blog

Filter Data yang Unik atau Menghilangkan Data yang sama pada Excel 2007

Memfilter data yang unik dan menghilangkan data yang sama (Remove Duplicate) sebenarnya perintah yang sama karena akan sama-sama menghasilkan data yang unik. Perbedaannya kalau kita menggunakan filter data yang sama akan disembunyikan tetapi tidak dihapus, sedangkan Remove Duplicate akan menghapus data yang sama secara permanent. Jadi, sebaiknya anda melakukan filter terlebih dahulu sebelum anda benar-benar menghilangkannya.

Merge dan Split Cell pada Word 2007

Merge Cell 
Merge cell yaitu menggabungkan dua cell atau lebih menjadi satu baris atau satu kolom.
Pilih cell cell yang anda ingin gabungkan.Di bawah Table Tools, di tab Layout, di group Merge, klik Merge Cells.

Format Cell pada Excel 2007

Format Cells adalah adalah kotak dialog yang menangani masalah pengaturan terhadap properti dalam suatu cell. Untuk memunculkan dialog Format Cells klik kanan pada cell atau range yang ingin diformat maka akan muncul tampilan seperti ini: