Skip to main content

Membuat Database pada Visual FoxPro

Kali ini kita akan membahas bagaimana membuat sebuah database di Visual FoxPro. Dalam Visual Foxpro, database merupakan sarana yang sangat penting dalam pengolahan data. Dengan dasar database yang baik maka pembuatan aplikasi akan menjadi lebih mudah. Untuk merancang database kita harus menentukan tabel-tabel apa saja yang diperlukan serta field-field yang deperlukan dalam setiap tabel. Kita juga harus menghubungkan antar tabelnya atau relasinya.



Langkah langkah membuat database sebagai berikut:
  1. Sebelum membuat database sebaiknya anda membuat sebuah project terlebih dahulu. Sehingga semua yang kita buat nanti akan ditaruh dalam folder yang sama. Misalkan kita membuat project penjualan. Klik menu File pilih New, akan muncul jendela "New":




















  2. Pilih "New file" dan anda akan disuruh menyimpan project terlebih dahulu.





  3. Buat Folder Baru misalkan penjualan. Ganti nama project dengan penjualan (untuk mempermudah) dan taruh dalam folder penjualan yang baru anda buat. Klik "Save". Akan muncul Jendela Project Manager
















  4. Pilih Data - Database kemudian Klik "New" dan pilih yang "New Database". Anda juga disuruh menyimpan database terlebih dahulu. Simpan di folder penjualan yang anda buat dengan nama "penjualan" juga. Akan muncul jendela"Table Designer" :




  5. Pilih Icon pada Toolbar kemudian pilih "New Table". Simpan table dengan nama misalnya "Barang"





  6. Isikan nama field dan format lainnya. Bila anda ingin membuat Primary Key pada field, terlebih dahulu pada format Index pilih Ascending pada Field yang ingin dijadikan Primary Key (bisa lebih dari satu field). Lalu klik Indexes




  7. Field-field yang diisi index akan muncul. Pilih "Primary" kemudian "OK". Akan ada konfirmasi apakah anda mau megisi data pada tabel sekarang? pilih "Yes" jika ya.
Bila anda ingin menambahkan tabel baru lagi, lakukan langkah yang sama. Sekarang anda sudah mempunyai sebuah database dengan tabelnya.

Comments

  1. nice infonya sob, tapi kalo bisa saya request tutorial foxpro yang lengkap dari mulai membuat data base sampai aplikasi siap digunakan
    lam knal dari http://www.meulek-ict.info/

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan kirimkan komentar atau merequest tutorial...

Popular posts from this blog

Filter Data yang Unik atau Menghilangkan Data yang sama pada Excel 2007

Memfilter data yang unik dan menghilangkan data yang sama (Remove Duplicate) sebenarnya perintah yang sama karena akan sama-sama menghasilkan data yang unik. Perbedaannya kalau kita menggunakan filter data yang sama akan disembunyikan tetapi tidak dihapus, sedangkan Remove Duplicate akan menghapus data yang sama secara permanent. Jadi, sebaiknya anda melakukan filter terlebih dahulu sebelum anda benar-benar menghilangkannya.

Merge dan Split Cell pada Word 2007

Merge Cell 
Merge cell yaitu menggabungkan dua cell atau lebih menjadi satu baris atau satu kolom.
Pilih cell cell yang anda ingin gabungkan.Di bawah Table Tools, di tab Layout, di group Merge, klik Merge Cells.

Format Cell pada Excel 2007

Format Cells adalah adalah kotak dialog yang menangani masalah pengaturan terhadap properti dalam suatu cell. Untuk memunculkan dialog Format Cells klik kanan pada cell atau range yang ingin diformat maka akan muncul tampilan seperti ini: