Membuat Relasi pada Access 2007

Setelah anda membuat semua table pada database, anda harus membuat relasi antara table yang satu dengan table yang lainnya. Relasi ini kita dengan memghubungkan field-field pada setiap table yang sebelumnya sudah diberi Primary Key. Dengan adanya relasi antar table (Relationship) kita bisa membuat Query, Form, dan Report yang datanya diambil lebih dari satu table.

Misalnya kita membuat sebuah laporan tentang penjulan barang. Tentunya kita memerlukan data dari table penjualan, karyawan, barang. Bila kita hanya menggunakan satu table misalnya penjualan, data nama karyawan dan nama barang tidak dapat ditampilkan karana dalam table penjualan kita hanya membuat field kode barang sebagai penghubung untuk mengambil data di table barang. Sehingga untuk mengambil informasi dari table lain kita perlu melakukan relasi antar table.
  • Pastikan anda sudah membuat Primary Key pada table-table utama.
  • Pada tab Database Tools, di group Show/Hide, klik Relationship.


  • Bila anda baru pertama membuat relasi maka akan muncul dialog Show Table. Bila tidak muncul klik kanan pada area Relationship kemudian klik Show Table . Masukkan semua table yang diperlukan dengan klik Add.


  • Klik field pada table kemudian drag ke field tujuan di table lain yang ingin dibuat relasi. Misalnya table pemasok dan table barang. Akan muncul dialog Edit Relationships.


    Beri centang pada ketiga pilihan dimana bila anda melakukan perubahan atau menghapus pada table induk (pemasok), maka pada table lain juga akan terhapus (barang).
  • Klik Create, maka akan muncul relasi dari table pemasok ke table barang.


  • Lakukan hal yang sama terhadap tabel-table lain yang ingin dibuat relasi. Klik  untuk keluar, akan muncul pesan untuk menyimpan relasi, klik Yes.

Comments :

1

terima kasih dan matur nuwun infonya. kebetulan sedang TA dan saya pas lagi nyari2 info ini untuk buat relasi antar tabel

paket internet murah mengatakan...
on 

Poskan Komentar

Silahkan kirimkan komentar atau merequest tutorial...