Membuat Query pada Access 2007

Query adalah jenis objek dari database yang menunjukkan informasi dalam tampilan Datasheet View. Query dapat diperoleh dari satu atau lebih tabel, dari query yang sudah ada atau gabungan antara keduanya. Table untuk memperoleh data untuk dijadikan query disebut Recordsource.

Anda bisa membuat query sederhana dengan menggunakan wizard atau bekerja dengan tampilan design. Langkah-langkah pada dasarnya sama, anda memilih recordsource yang ingin anda gunakan dan field-field yang ingin anda tampilkan dalam query, anda juga bisa membuat kriteria tertentu untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan anda.

Ada beberapa jenis query, masing-masing memilki tujuan yang berbeda. Misalnya, Select Query untuk menampilkan data, Action Query untuk memngubah data pada datasource, atau membuat table baru. Parameter Query akan meminta anda untuk memasukkan parameter atau kriteria saat anda menjalankannya. Tutorial ini akan menjelaskan tentang membuat Simple Query.

Sebelum and memmulai, anda perlu membuat sebuah table berisi data. Contohnya seperti berikut:



>Pada tab Create, di group Other, klik Query Wizard.
>Pada kotak dialog New Query, klik Simple Query Wizard, dan kemudian klik OK.



>Di bawah Tables/Queries, klik tabel yang berisi data yang ingin anda gunakan. Kali ini saya menggunakan table pasien, klik Table: Pasien.

>Di bawah Available Fields, double klik KodePsn, NamaPsn, AlamatPsn, TeleponPsn, dan TempatLahirPsn. Pada daftar Selected Fields, akan ditampilkan field yang anda double klik tadi yang nantinya akan ditampilkan saat query dijalankan. Kemudian klik Next.



>Beri nama misalnya Query Data Pasien, kemudian klik Finish.



Access akan menampilkan hasil query dalam Datasheet View. Keluarkan query dengan klik Close, query akan tersimpan secara otomatis.

Anda bisa menembahkan kriteria pada query dengan menampilkan pada mode Design View (Pada tab home klik View ). Misalnya ingin menampilkan pasien yang lahir di tabanan maka pada baris Criteria di bawah kolom TempatLahirPsn tuliskan "Tabanan".



Jika dijalankan (untuk menjalankan query klik Run pada tab Home) akan ditampilkan data pasien yang lahir hanya di tabanan.
Bila data berupa numberik anda juga bisa menambahkan fungsi matematika seperti >, <, = atau fungsi logika. Semua itu akan dibahas pada tutorial berikutnya.

Comments :

0 Komentar to “Membuat Query pada Access 2007”

Poskan Komentar

Silahkan kirimkan komentar atau merequest tutorial...